PENANAMAN KARAKTER NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA MATERI BIOGRAFI DENGAN METODE TIGA TAMU TIGA TINGGAL DENGAN PENUGASAN DAN PRESENTASI (TIGATA-TIGATI P2)

Sabtu, 26 Maret 2022 - 07:18 WIB
Diposting oleh: prd

Jurnal ini ditulis oleh Laila Amr'ulia (SMP Negeri 1 Turen Kab. Malang) - lailaamrulia@gmail.com

ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan menanamkan karakter nasionalisme dalam pembelajaran Bahasa Indonesia materi biografi dengan metode Tigata-Tigati P2. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian tindakan kelas dengan alur penelitian meliputi empat tahapan yaitu perencanaan tindakan, implementasi tindakan, observasi, analisis dan refleksi. Penelitian ini dianalisis dengan teknik statistik deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan skor yang diperoleh dan membandingkan dengan indikator kerja yang telah ditentukan. respon siswa terhadap pelaksanaan kegiatan 100% siswa menjawab setuju bahkan sangat setuju kegiatan belajar mengajar dengan metode ini mampu membangkitkan rasa nasionalisme. Penilaian hasil belajar siswa setelah dilaksanakan tindakan mengalami peningkatan yaitu sebelum tindakan 97% siswa belum tuntas. Setelah dilakukan tindakan terjadi peningkatan nilai pada siklus I yaitu 18 siswa telah mencapai KKM sehingga 62% siswa tuntas, sedangkan 11 siswa atau 38% siswa masih dibawah KKM walaupun nilai ini lebih meningkat daripada nilai sebelumnya. Sedangkan pada siklus II nilai siswa semakin mengalami peningkatan yaitu 100% siswa telat tuntas.

Kata Kunci: tigata-tigati P2, biografi, karakter nasionalisme

Selengkapnya