UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PERMAINAN BOLA BASKET DI KELAS VII A DENGAN METODE TUTOR SEBAYA

Jumat, 04 Maret 2022 - 07:43 WIB
Diposting oleh: prd

Jurnal ini ditulis oleh Slamet Yuliono (SMP Negeri 1 Turen Kab. Malang) - yono_smp1@yahoo.co.id

ABSTRAK. Rendahnya hasil belajar siswa di permainan bola basket di kelas VII A SMP Negeri 1 Turen, mendorong penulis menyusun inovasi dan model pembelajaran. Dengan harapan siswa bisa lebih baik hasil belajar yang dimiliki. Untuk mengatasi permasalahan tersebut penulis memanfaatkan siswa yang memiliki kemampuan lebih baik untuk dijadikan model atau diistilahkan dengan tutor sebaya. Sosok model yang punya kemampuan lebih ini berfungsi membantu tugas guru dalam membimbing dan melatih teman sejawatnya khususnya pada pokok materi dasar drible, passing, dan shooting. Setting penelitian diberikan pada siswa kelas VII A SMP Negeri 1 Turen, dengan prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terbagi 2 (dua) siklus berkelanjutan. Penelitian dilaksanakan selama 2 (dua) bulan, dari bulan Oktober sampai bulan Nopember 2019. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dan refleksi proses pembelajaran, diperoleh hasil akhir yang signifikan, yaitu siswa menunjukkan tuntas belajar dengan nilai rata-rata di siklus 1 pertemuan ke dua 71% menjadi 88% di pertemuan ke dua siklus II. Dengan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menerapkan pendekatan tutor sebaya ternyata mampu memperbaiki proses pembelajaran dan berdampak pada meningkatnya hasil belajar siswa.

Kata Kunci: hasil belajar, tutor sebaya, Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

Selengkapnya.