TEKNIK SKEMA SANGAT JITU UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA
Senin, 21 Februari 2022 - 22:32 WIBDiposting oleh: lppm
Jurnal ini ditulis oleh Siti Khuthoifah (SMP NEGERI 1 TUREN, Kabupaten Malang; Email: khuthoifahs17@gmail.com)
ABSTRAK. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman melalui penerapan teknik skema pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Turen. Penelitian ini dilakukan pada 32 siswa kelas kelas VIII SMP Negeri 1 Turen. Data dikumpulkan malalui observasi guru, siswa dan catatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata sebelum tindakan penelitian sebesar 50%, dan nilai rata-rata sesudah tindakan sebesar 73%. Hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan keterampilan membaca pemahaman pada siswa SMP Negeri 1 Turen sebesar 23 %.
Kata kunci: Tehnik Skema, Ketrampilan membaca