INDIKATOR SEBAGAI PEMBENTUK KOMITMEN ORGANISASI DAN ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR PEGAWAI SAHID GROUP HOTEL DI SOLO
Sabtu, 19 Februari 2022 - 21:23 WIBDiposting oleh: prd
Jurnal ini ditulis oleh Agus Solikhin (Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta; Email: agussolikhin81@gmail.com)
ABSTRAK. Tujuan penelitian ini menganalisis indikator sebagai pembentuk komitmen organisasi dan organizational citizenship behavior pegawai sahid group hotel di solo. Populasi dari penelitian ini adalah Populasi penelitian ini adalah karyawan Hotel Sahid Jaya, Hotel Sahid Kusuma, Hotel Lor In dan Hotel Alila yang berada di Kota Surakarta yang berjumlah 606 karyawan dengan jumlah sampel sebanyak 241 karyawan dan responden dipilih menggunakan teknik simple random sampling.
Setelah dilakukan penyebaran kuesioner, dari 241 kuesioner yang disebar terdapat 118 kuesioner yang dapat digunakan sedangkan sisanya tidak dapat digunakan karena responden tidak lengkap dalam mengisi kuesioner. Sehingga sampel penelitian ini sebanyak 118 pegawai. Teknik analisis data yang digunakan analisis factor konfirmatori (CFA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa indikator yang dipersepsikan terkuat sebagai pembentuk komitmen organisasi yaitu affective commitment khususnya bangga menjadi bagian dari perusahaan. Indikator yang dipersepsikan terkuat sebagai pembentuk Organizational citizenship behavior yaitu sportsmanship khususnya menahan diri untuk tidak mengeluh.
Kata kunci: komitmen organisasi dan OCB