PENGARUH MOTIVASI BERPRESTASI DAN MINAT BERORGANISASI TERHADAP INDEKS PRESTASI BELAJAR

Selasa, 21 Desember 2021 - 19:16 WIB
Diposting oleh: prd

Jurnal ini ditulis oleh Sri Hastari, Yufenti Oktafiah, Fatimatuz Zahro, dari Universitas Merdeka Pasuruan

Abstrak. Indeks prestasi belajar merupakan indikator keberhasilan mahasiswa di perguruan tinggi. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan belajar namun secara garis besar terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Motivasi berprestasi adalah salah satu faktor internal yang membuat seseorang terpacu dalam mewujudkan prestasi belajarnya dan minat berorganisasi merupakan keinginan untuk terlibat dalam kegiatan organisasi, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi berprestasi dan minat berorganisasi terhadap Indeks prestasi belajar. Data dalam penelitian ini diperoleh responden sebanyak 81 mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Pasuruan angkatan 2017/2018 sampai 2020/2021. Sampel di pilih menggunakan teknik proportionate stratified random sampling, penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis uji parsial variabel motivasi berprestasi berpengaruh positif dan signifikan sebesar 10,569 dan variabel minat berorganisasi berpengaruh positif dan signifikan sebesar 3,054. Hasil uji simultan diperoleh nilai signifikansi 0,000, berpengaruh positif dan signifikan sebesar 73.264 terhadap indeks prestasi belajar mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Merdeka Pasuruan. Besarnya nilai koefisien determinasi sebesar 0,644 Hal ini berarti kemampuan variable bebas dalam menjelaskan variasi variabel terikat sebesar 64,4%, sedangkan sisanya 35,6% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

Kata kunci : Motivasi berprestasi, Minat berorganisasi, Indeks prestasi belajar

Selengkapnya