PENGARUH LOKASI, FASILITAS DAN PENGETAHUAN TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK PERBANKAN

Minggu, 12 Juli 2020 - 12:40 WIB
Diposting oleh: lppm

 

PENGARUH LOKASI, FASILITAS DAN PENGETAHUAN

TERHADAP MINAT MEMILIH PRODUK  PERBANKAN

(STUDI PADA BANK SYARIAH MANDIRI

KCP SOEKARNO HATTA MALANG)

 

 

Yenie Eva Damayanti

yevayanti@gmail.com

STIE Indocakti Malang

 

 

Abstrak, Penelitian ini akan menganalisis apakah lokasi, fasilitas, dan pengetahuan mempengaruhi minat nasabah untuk memilih produk perbankan khususnya di perbankan syariah. Populasi dari penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Soekarno Hatta Malang yang baru menjadi nasabah di Bulan September 2017. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah : lokasi, fasilitas dan pengetahuan sebagai variabel bebas dan minat sebagai variabel terikat. Analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan uji t dan uji F sebagai uji hipotesis. Hasil uji menunjukkan bahwa variabel fasilitas dan pengetahuan yang berpengaruh positif dan signifikan sedangkan variabel lokasi berpengaruh negatif dan tidak signifikan. Variabel lokasi, fasilitas, dan pengetahuan secara bersama-sama mempengaruhi variabel minat secara signifikan.  Koefisien korelasi (R) sebesar: 0,533 yang artinya bahwa ada hubungan yang kuat antara variabel independen dengan variabel dependen. Koefisien determinasi (R2) sebesar: 0,284. Ini menjelaskan bahwa variabel independen mempengaruhi variabel dependen sebesar 28,4%, sedangkan sisanya  dipengaruhi oleh variabel yang lain.

Kata kunci : lokasi, fasilitas, pengetahuan, minat.

Selengkapnya