ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN
Sabtu, 11 Juli 2020 - 11:46 WIBDiposting oleh: lppm
ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN
TERHADAP KEPUASAN PASIEN
(Studi Kasus Pada Puskesmas Ciptomulyo Kota.Malang)
Nurtjahja Juniarsa
STIE INDOCAKTI Jl. Besar Ijen No. 90-92 Malang, Jawa Timur
Email: juniarso@gmail.com
Abstrak : Gaya kepemimpinan merupakan salah satu penunjang keberhasilan dalam sebuah pemerintahan.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk ,menganalisis bagaimana pengaruh gaya kepemimpinan ditinjau dari indikator Gaya Persuasif, Gaya Refresif, Gaya Partisipatif dan Gaya Inovatif, terhadap prestasi kerja dengan indicator kemampuan dan motivasi pada pemerintahan desa Sanankerto Kab. Malang. Metode yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan Kuantitatif sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakanadalah analisis regresi sederhana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan secara persial nilai koefisien regresi variable gaya kepemimpinan (X) 0,652 bernilai positif sehingga dapat dikatakan variable x berpengaruh positif terhadap variable prestasi kerja (Y). Dan hal ini dibuktikan dengan tingkat signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05 Hasil t-hitung sebesar 8.449 lebih besar dari t-tabel sebesar 1.692 dan hasil uji F (uji simultan) menunjukkan bahwa tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 artinya gaya kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi kerja.. Disamping itu hasil penelitian ini juga sejalan dengan penelitian terdahulu serta relevan dengan teori mengenai gaya kepemimpinan.dan pengaruh faktor prestasi kerja.
Kata kunci: Kualitas Pelayanan, Kepuasan