ANALISIS FAKTOR LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL UNTUK MENCIPTAKAN STRATEGI BERSAING

Minggu, 09 Februari 2020 - 23:55 WIB
Diposting oleh: lppm

 ANALISIS FAKTOR LINGKUNGAN INTERNAL DAN EKSTERNAL

 UNTUK MENCIPTAKAN STRATEGI BERSAING PADA

PT. MITRA LINTAS MULTIMEDIA CABANG MALANG

 

Roni Angger Aditama

STIE INDOCAKTI, Jln. Besar Ijen 90-92 Kota Malang, Jawa Timur

Email: roniaditama@gmail.com

 

ABSTRAK

Seiring dengan laju pertumbuhan dan perkembangan bisnis TV Kabel dan Internet yang menjanjikan, bersamaan dengan itu pula persaingan bisnis jasa ini menjadi sangat ketat. PT. Mitra Lintas Multimedia menjadi salah satu pelaku dalam bisnis tersebut. Agar bisa memenangkan persaingan, diperlukan analisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan melakukan teknik pengambilan data melalui proses observasi, wawancara, library study, dan dokumentasi oleh sumber terpercaya (informan penelitian) dimana menggunakan metode pengambilan sample yaitu metode purposive sampling sejumlah lima orang karyawan. Penelitian ini menggunakan teknik analisa dengan menentukan IFE (Internal Factor Evaluation) dan EFE (Eksternal Factor Evaluation) hasil total skor IFE sejumlah 2.594 dan EFE sejumlah 3.102. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan Matriks IE dengan hasil berada di Sel II yaitu Growth dan Build. Analisis berikutnya dengan menggunakan Matriks SWOT (Strength, Weaknesess, Opportunities, Threats) diketemukan 7 (tujuh) strategi alternatif dan lalu melalui metode analisis QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix), ditentukan skala prioritas mana dari ketujuh strategi tersebut yang terbaik untuk segera diimplementasikan dalam rangka mencapai keunggulan bersaing. Dan hasilnya adalah market penetration menjadi urutan pertama skala prioritas dengan perolehan total score 5.404.

Kata Kunci: Internal Factor Evaluation (IFE), Eksternal Factor Evaluation (EFE), Analisis SWOT Matriks, Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM).

Selengkapnya