ANALISIS EMPIRIS PENGGUNA INTERNET TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK FASHION SECARA ONLINE
Selasa, 16 Mei 2017 - 22:14 WIBDiposting oleh: lppm
ANALISIS EMPIRIS PENGGUNA INTERNET
TERHADAP MINAT PEMBELIAN PRODUK FASHION
SECARA ONLINE
Nurlaily Hawa Ekawati
Stie Indocakti Malang
ABSTRAK, Pertumbuhan pesat pangsa pasar bisnis online (e-commerce) di Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Dengan jumlah pengguna internet yang mencapai angka 82 juta orang atau sekitar 30% dari total penduduk di Indonesia, pasar e-commerce menjadi tambang emas yang sangat menggoda bagi sebagian orang yang bisa melihat potensi ke depannya. Saat ini, belanja online sudah menjadi trend bagi pengguna internet di Indonesia. Berbagai penawaran yang ditawarkan, kepraktisan dalam berbelanja dan mudahnya akses ke toko online membuat konsumen semakin mudah untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan serta membuat minat beli konsumen secara online terus meningkat. Memahami perilaku pembelian konsumen yang berubah, yaitu berubahnya minat pembelian dari yang tradisional kemudian berubah pada pembelian secara online penting diketahui bagi produsen atau pengusaha agar tetap bisa bersaing dalam bisnisnya. Penelitian ini mencoba untuk mengetahui variabel-variabel apa saja yang dapat mempengaruhi minat pembelian konsumen khususnya pada produk fashion di kota Malang. Kota Malang dipilih sebagi objek penelitian, karena kota Malang merupakan salah satu kota dengan tingkat mobilitas yang tinggi dan merupakan kota terbesar kedua di jawa timur setelah Surabaya.
Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap minat pembelian produk fashion secara online (2) pengaruh demografi terhadap minat pembelian produk fashion secara online (3) pengaruh personal involvement terhadap minat pembelian produk fashion secara online (4) pengaruh kepercayaan terhadap minat pembelian produk fashion secara online (5) pengaruh kemudahan dalam pembelian terhadap minat pembelian produk fashion secara online (6) pengaruh bauran pemasaran, demografi, personal involvement, kepercayaan, dan kemudahan dalam pembelian secara simultan terhadap minat pembelian produk fashion secara online di kota Malang. Penelitian yang dilakukan termasuk dalam penelitian penjelasan (explantory research), yaitu jenis penelitian yang mana peneliti menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesa. Jumlah sampel yang diteliti adalah 384 responden. Analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda (multiple regression).
Hasil dari penelitian menyimpulkan bahwa: (1) ada pengaruh signifikan bauran pemasaran terhadap minat pembelian produk fashion secara online di kota Malang; (2) ada pengaruh signifikan demografi responden terhadap minat pembelian produk fashion secara online di kota Malang; (3) ada pengaruh signifikan personal involvement terhadap minat pembelian produk fashion secara online di kota Malang; (4) ada pengaruh signifikan epercayaan terhadap minat pembelian produk fashion secara online di kota Malang; (5) ada pengaruh signifikan kemudahan dalam pembelian terhadap minat pembelian produk fashion secara online di kota Malang; (6) bauran pemasaran, demografi, personal involvement, kepercayaan, dan kemudahan dalam pembelian secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat pembelian produk fashion secara online di kota Malang.
Kata Kunci: Perilaku Konsumen, Minat Pembelian secara Online